Kuliah? Kenapa tidak. Sekarang ini perguruan tinggi sudah banyak sekali bahkan nyaris terjadi persaingan tidak sehat antar perguruan tinggi dalam merekrut calon mahasiswa. Hal ini disebabnya semakin berkurangnya jumlah lulusan SMA/K, yang salah satunya,  akibat keberhasilan KB.

Sementara itu jumlah perguruan tinggi semakin meningkat seiring dengan kebutuhan global akan para ahli dengan kompetensi tertentu untuk pekerjaan tertentu. Masing-masing perguruan tinggi rame-rame menawarkan program studi yang dikemas dengan aroma ‘globalisasi’, ‘kompetensi’, ‘kewirausahaan’ dan segudang atribut akademis yang sangat menjanjikan.

Dari sekian banyak program studi, ada satu program studi yang sangat ditakuti, sebab di SMA/K sudah menjadi mata pelajaran ‘momok’ dan sekaligus membuka peluang bagi rekan-rekan pengusaha BIMBEL, untuk ikut berpartisipasi membantu para siswa berjuang melawan ‘sulitnya’ pelajaran tersebut. Apa itu? BAHASA INGGRIS.  Sungguh sangat ironis dan kontra produktif, sementara itu di sana sini didengungkan pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi lintas negara.

Ada lagi sebuah wacana ” Untuk apa menguasai bahasa Inggris tapi tidak menguasai ketrampilan lain?” bukankah perusahaan hanya menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi? Nah sekarang dibalik, untuk apa menguasai teknologi (komputer, marketing, insinyur, kedokteran, dll,) tanpa diiringi penguasaan bahasa Inggris? Dijamin selama hidup bakal berkarier di tingkat lokal.

Yang lucu  lagi, dalam sebuah wawancara eklusif, seorang manager perbangkan swasta dengan tegas mngatakan ‘lebih baik ambil karyawan dari jurusan sastra Inggris lalu ditraining perbankan dan akunting, 6 bulan sudah OK, dari pada mengambil karyawan dari jurusan ekonomi, perbankan, lalu ditraining bahasa Inggris smpai tahunan belum bisa-bisa.

Nah singkatnya, bagi para lulusan perguruan tinggi, silahkan ambil kursus bahasa Inggris, atau kuliah malam bahasa Inggris.  Ada perguruan tinggi di Semarang yang menyediakan kuliah malam dengan program studi bahasa Inggris. Kunjungi saja  WEBSITE nya.

Dan bagi adik-adik lulusan SMA/K, yang ingin menjadi pakar bahasa Inggris, masuk saja di program studi bahasa Inggris. Nggak usah takut. Nanti pelajaran diulang dari a-b-c-d wis.  Kunjungi WEBSITE nya dan tentukan pilihan anda. Dijamin tidak kecewa.